Selasa, 26 Maret 2019

BABY ANENCEPHALY

Asslamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

   Udah lama banget ga pernah nulis disini hehehe. Yup kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku hamil bayi anencephaly teman-teman. Aku menikah bulan April 2017, dan 3bulan kemudian alhamdulillah aku hamil. Waktu itu kondisi aku masih kerja (skr uda dirumah aja ngurus suami), jarak kantor dr rumah kurang lbh 22km krn abis nikah aku tinggal di Driyorejo-Gresik, ya krg lbh 1jam perjalanan itu sudah sm macet2nya. Hamil pertama ini sungguh drama banget, cuz tiap hari hobinya mual terus. Oya FYI ya teman2 kebetulan job aku di tempat kerja itu sebagai Safety Officer di salah satu perusahaan logistik di Surabaya dan penempatanku ada di bagian Land Transport-nya. Jadi aku berurusan dengan truk-truk kontainer dan supir-supir. So meski hamil aku ttp kerja naik-turun truk udah gitu di lapangan pula panas2 gitu hehehe.
   Menginjak kehamilanku yg ke 13 minggu tanggal 22-09-2017, aku kontrol ke dokter di klinik dekat rumah dan kebetulan dokterku waktu itu dokter RSUD. Dr. Soetomo. Ternyata hari itu juga ujian pertama dalam pernikahanku hadir. Bayi dalam kandunganku diduga anencephaly krn tempurung kepala tidak terlihat pas di USG. Dokter bilang biasanya hal kyk gini krn kurang asam folat. Tapi dari sebelum hamil aku uda rajin minum susu prenagen dan slama hamil pun ga lupa minum asam folat. Bahkan aku pernah baca salah satu blog orang yg pny pengalaman yg sama, dia malah uda sejak satu tahun sbelum program hamil udah konsumsi asam folat dan saat hamil bayinya dinyatakan anencephaly. Entah kenapa kurang bs diterima sih kalo alasan sprt ini, aku rasa ada faktor lain yg mgkn bs jd penyebab cm kt tdk tau psasti. Yang pasti semua ini terjadi karena kehendak Allah.
Hasil USG
   Tapi waktu itu dokterku masih ragu, dan aku akhirnya disuruh ke tempat dia praktek di Dr. Soetomo Surabaya. Pas hari H aku ke Dr. Soetomo (aku lupa tgl brp) seriusan rasanya deg-degan banget. Masuk ke lokasi ruang praktek, daftar dan nunggu panggilan itu rasanyaaa entahlah. Pas uda dipanggil aku masuk keruang obgyn, waktu itu yang pertama meriksa dokter cewek, ga lama kemudian dokterku datang, dan ga lama kemudia ada dokter profesor datang (katanya sih mentor dokter2 disitu) jadi total yang ngecek kandungan ada 3 dokter. Dan taraaaa.....ternyata yup memang benar bayi yang aku kandung anencephaly. Abis diperiksa dokterku ngasih tau ttg tindakan selanjutnya, biasanya kasus yg seperti ini (bayi anencephaly) jk umur bayi msh dibawah 4bulan lebih baik dilakukan tindakan abortus krn utk kedepannya akan beresiko bayi ibu jika melahirkan dan sekalipun dilahirkan biasanya bayi tidak akan bertahan lama.
   Sepulang dari rumah sakit, aku dan suami langsung pulang kerumah orang tua aku. Kita konsultasi kasih tau kondisi janin yang ada dalam kandungan dan mempertimbangkan tindakan selanjutnya. Setelah dipertimbangkan akhirnya kita memutuskan utk abortus krn kebetulan usia kandungan belum ada 4bulan jd kt memustuskan melakukan tindakan itu.
   Tanggal 29-09-2017 aku dateng keruma sakit di daerah Manukan-Surabaya tmpt praktek lain dokterku (dokterku praktek di 3 tempat). Sekitar jam set 7 mlm abis magrib aku langsung ngamar dan diinfus. Dokterku awalnya ngasih tau kalo nnt aku akan dirangsang pake obat dimana obat itu akan dimasukkan ke dalam vagina setiap 8 jam sekali sampai ada reaksi dari obat itu. Kalo selama 24 jam uda dikasih obat (4x) belum ada reaksi dokter bilang aku harus bedrest 1x24 jam dulu tanpa dirangsang obat dan kemudian baru setelahnya bedrest dilakukan rangsangan obat lagi. Jam 19.00 dokter mulai masukin obatnya. Belum ada reaksi,jam 01.00 (30-09-2017) dikasih obat lagi. Jam 07.00 dikasih obat lagi. Jam 13.00 dikasih obat lagi (udah yang ke 4 kali dimasukin obat). Setelah dikasih obat terakhir yg ke 4 aku cuma bs terus berdoa supaya cpt ada reaksi dari janinku krn ga mau juga kan lama2 dirumah sakit.
   Alhamdulillah sekitar jam 15.30 perutku uda mulai ada reaksi. Perut rasanya mulesnya ga karuan sakitnya minta ampun kayak lagi dilep tp lebih sakit lagi, dan ga lama setelah itu darah ngucur keluar berasa kayak tanggul jebol. Alhasil krn uda ada reaksi suami manggil suster dan aku lgs dibawa keruang tindakan. Diruang tindakan darahnya masih ajaterus ngucur sambil ngerasain mulesnya perut yang aduhaiii mana tahan. Sambil ditemenin suami diruang tindakan kita sempet becandaan. Pas becanda suami lg ngelucu aku ketawa ngakak, eh pas ketawa itu semacam ada barang jatuh keluar dari vagina dan kyk bunyi cepluk gitu, mgkn krn ketawa ngakan perut jadi keteken gt kali ya wkwkwkwk. Trus aku bilang suami "yank kayaknya ada yang keluar deh kyk ada yg jatuh gt", itu baru sekali, kedua kali becandaan lagi ma suami (padahal kondisi perut mules tp masih disempetin becandaan buat ngilangin rasa tegang hahaha) eh berasa ada yg keluar lagi.Akhirnya suami aku suruh panggil suster buat ngeliat apa mgkn janinku sudah keluar atau belum. Ga lama kemudian susternya dateng dan ngecek,ternyata ya alhamdulillah janin dan ari2 nya uda keluar. Bersyukur banget alhamdulillah waktu itu krn ari2 janinku jg keluar, krn dokterku awalnya bilang ini nanti kalo bayi sama ari2nya bisa keluar semua ga perlu tindakan kuretase, tapi kalo ari2 janin belum keluar mau gmw harus ada tindakan kuretase. Syukur alhamdulillah semua berjalan lancar.
My baby 
   Tanggal 31-09-2017 pagi sekitar jam 10.00 aku udah boleh pulang. Dan ya aku pun menjalani hari-hari seperti biasa. Ditanya sedih ya sedih, tapi ini ujian dalam hidup yg harus aku lalui.Alhamdulillah aku bukan tipe orang yang suka sedih berlarut-larut. Sedih sehari saat pertama tau hasil USG kondisi janinku udah cukup buat aku, selanjutnya aku kembali ke kondisi fine-fine aja. Sebelum pulang kerumah periksa terakhir sm dokter aku cuma dikasih obat folavit (aku lupa brp byk). Yaaa begitulah kondisi dan drama kehamilan pertamaku. Masih ada drama selanjutnya lhooo wkwkwkw tapi besok2 lagi lah aku sambung ceritanya.
Terima kasih teman-teman yang sudah membaca ceritaku hari ini.


1 komentar:

  1. Assalammu'alaikum Kak ,Apakah sekarang kakak hamil lagi setelah kehamilan Ananchephaly?

    BalasHapus